Sabtu, 13 April 2013

Pengembangan Produk Jasa Pendidikan



Tugas Pengembangan Produk Jasa

Tugas ini masih berhubungan dengan tugas pembuatan bisnis jasa pendidikan sebelumnya. Beberapa waktu lalu saya membuat tempat bimbel yang bernama bimbel struggle. Alasan saya membuat tempat bimbel ini karena akhir-akhir ini ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Di sekolah biasanya para guru cenderung menggunakan satu metode pembelajaran sehingga perbedaan karakteristik anak cenderung diabaikan, padahal tiap anak memiliki metode pembelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pembuatan bimbel ini bertujuan untuk membantu para siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya. Dalam bimbel ini tidak hanya menggunakan satu metode pembelajaran seperti metode ceramah saja, namun dalam bimbel ini berfokus pada pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran sehingga dapat mengatasi perbedaan metode pembelajaran siswa yang berbeda-beda. Kenapa nama bimbelnya bimbel struggle? Karena dari nama struggle itu sendiri bermakna perjuangan, yang dapat ditafsirkan perjuangan dalam berprestasi.
Kami memiliki jargon untuk bimbel ini yaitu “yes  untuk struggle, yes untuk prestasi”. Fokus dalam bimbel ini adalah belajar yang menyenangkan. Sistem pembelajaran dalam bimbel ini adalah sistem pembelajaran yang diselipkan games edukatif sehingga dapat memudahkan para murid dalam menyerap pelajaran dan tidak cepat membuat jenuh. Untuk lokasi, kami memilih lokasi di tempat yang strategis dan memilih tempat yang orientasinya cenderung perumahan di mana perumahan tersebut terdapat anak-anak yang bersekolah. Mindset para orang tua khususnya para ibu adalah membimbelkan anaknya di tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah sehingga kami memilih lokasi perumahan. Dalam penempatan ruangan kelas, kami tidak memfokuskan tempat yang formal seperti yang ada di sekolah di mana di sekolah terdapat bangku dan meja, namun dalam bimbel ini kami memiliki dua tempat yaitu tempat belajar lesehan dan ruang kelas.
Murid yang kami terima yaitu yang berjenjang SD kelas 4, 5 dan 6, SMP kelas 1, 2, 3, dan SMA kelas 1, 2, dan 3. Untuk kelas yang 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA kami membuka kelas khusus untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) sehingga para murid diharapkan memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi UN dan dapat melanjutkan ke sekolah yang diidamkan dan diharapkan. Bagi murid kelas 3 SMA, kami juga membuka kelas khusus untuk mengikuti ujian perguruan tinggi untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri dan populer.
Sistem pembagian kelas terbagi menjadi tiga, yaitu kelas reguler, kelas khusus, dan kelas privat. Untuk kelas regular kami menyediakan dua kelas di mana masing-masing kelas menampung maksimal 20 murid. Untuk kelas khusus, kelas ini diperuntukkan bagi para murid yang mengikuti kelas akselerasi sehingga bimbel ini dapat menyesuaikan dengan pelajaran dari kelas akseselerasi yang didapatnya di sekolah. Untuk kelas akselerasi, kami menyediakan 2 kelas di mana per kelas menampung maksimal 10 murid. Untuk kelas privat, kami menyediakan guru yang siap ditugaskan ke rumah murid, di mana untuk tiap guru meng-maksimal 5 murid untuk kelas privat,
Untuk perekrutan gurunya, kami merekrut guru yang berasal dari lulusan yang bertitel pendidikan sehingga diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat. Kami juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang berpeguruan tinggi bidang pendidikan minimal semester empat. Alasan kenapa kami merekrut mahasiswa karena kami ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui secara langsung di lapangannya dan tidak hanya mengetahui teori semata yang didapat sewaktu kuliah. Selain itu, umumnya mahasiswa lebih cenderung bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat itu sehingga diharapkan hubungan antara murid dengan guru tidak terlalu kaku atau terlalu formal.
Dalam pemasarannya, kami menyebarkan brosur  di mana kami menempatkan penyebaran brosur tersebut di depan gerbang sekolah. Selain itu, kami membuat iklan di internet dan menyediakan web khusus untuk bimbel kami. Kami juga memberikan hadiah khusus untuk murid yang membawa satu atau lebih temannya untuk bergabung dalam bimbel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar