Minggu, 10 Maret 2013

Perbedaan Antara Segmentasi Pasar dan Targeting


Perbedaan Segmentasi Pasar dan Targeting

Perbedaan antara segmentasi pasar dengan targeting dapat dilihat dari definisi masing-masing. Definisi dari segmentasi pasar adalah usaha untuk mengelompokkan pasar dari yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat yang heterogen. Sedangkan definisi dari targeting adalah seperangkat pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama, dan diputuskan untuk dilayani oleh perusahaan. Dilihat dari sisi definisi masing-masing, dapat ditarik perbedaannya yaitu bila dalam segmentasi pasar perusahaan baru melakukan pengelompokkan konsumen menjadi bagian-bagian kecil yang sesuai dengan karakteristik konsumen seperti dari segi demografis, psikografis, geografis, dan behavioristik. Dengan kata lain, dari masyarakat yang bermacam-macam dan memiliki keheterogenan yang tinggi, perusahaan melakukan pemilihan konsumen dengan cara mengelompokkannya. Namun, dalam targeting sebuah perusahaan sudah menentukan konsumen mana yang akan dilayaninya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik yang sama. Dalam segmentasi pasar sebuah perusahaan belum menentukan konsumen mana yang dilayani, namun dalam targeting sudah melakukan tindakan yag lebih jauh dari segmentasi pasar yaitu dengan mengevaluasi dari hasil proses segmentasi pasar yaitu  dengan cara mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen yang selanjutnya dari hasil segmentasi tersebut dilakukan tindakan kepada konsumen mana yang akan dilayani oleh perusahaan tersebut. Dengan melakukan segmentasi pasar akan mempermudah dalam membedakan pasar dan menganalisis pasar sehingga dapat ditentukan daftar-daftar pilihan-pilihan segmentasi yang potensial, sehingga perusahaan dapat menargetkan satu segmen pasar atau lebih, atau bahkan tidak melakukannya dengan kata lain perusahaan melakukan mass market. Dalam targeting, perusahaan, sudah mulai mengevaluasi konsumen yang akan dilayani dengan memperhitungkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, dalam targeting perusahaan sudah melakukan penentuan target pasar dengan cara melakukan spesialisasi-spesialiasi yang dilihat dari persediaan dana perusahaan (konsentrasi segmen tunggal), dlihat dari pasar yang menarik serta tujuan dan memiliki sumber daya yang tersedia (spesialisasi selektif), dilihat dari pemusatan pelayanan berbagai kebutuhan dari kelompok konsumen tertentu (spesialisasi pasar), dilihat dari pembuatan produk yang dibuat dan yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar (spesialisasi produk), dan dilihat dari pelayanan perusahaan kepada konsumen dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan (pelayanan penuh)

3 komentar: