Perbedaan
Segmentasi Pasar dan Targeting
Perbedaan
antara segmentasi pasar dengan targeting dapat dilihat dari definisi
masing-masing. Definisi dari segmentasi pasar adalah usaha untuk mengelompokkan
pasar dari yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki
sifat yang heterogen. Sedangkan definisi dari targeting adalah seperangkat pembeli yang memiliki kebutuhan
dan karakteristik yang sama, dan diputuskan untuk dilayani oleh perusahaan.
Dilihat dari sisi definisi masing-masing, dapat ditarik perbedaannya yaitu bila
dalam segmentasi pasar perusahaan baru melakukan pengelompokkan konsumen
menjadi bagian-bagian kecil yang sesuai dengan karakteristik konsumen seperti
dari segi demografis, psikografis, geografis, dan behavioristik. Dengan kata
lain, dari masyarakat yang bermacam-macam dan memiliki keheterogenan yang
tinggi, perusahaan melakukan pemilihan konsumen dengan cara mengelompokkannya.
Namun, dalam targeting sebuah perusahaan sudah menentukan konsumen mana yang
akan dilayaninya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik yang sama. Dalam
segmentasi pasar sebuah perusahaan belum menentukan konsumen mana yang dilayani,
namun dalam targeting sudah melakukan tindakan yag lebih jauh dari segmentasi
pasar yaitu dengan mengevaluasi dari hasil proses segmentasi pasar yaitu dengan cara mengevaluasi daya tarik
masing-masing segmen yang selanjutnya dari hasil segmentasi tersebut dilakukan
tindakan kepada konsumen mana yang akan dilayani oleh perusahaan tersebut.
Dengan melakukan segmentasi pasar akan mempermudah dalam membedakan pasar dan menganalisis
pasar sehingga dapat ditentukan daftar-daftar pilihan-pilihan segmentasi yang
potensial, sehingga perusahaan dapat menargetkan satu segmen pasar atau lebih,
atau bahkan tidak melakukannya dengan kata lain perusahaan melakukan mass market. Dalam targeting, perusahaan,
sudah mulai mengevaluasi konsumen yang akan dilayani dengan memperhitungkan sumber
daya yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, dalam targeting perusahaan
sudah melakukan penentuan target pasar dengan cara melakukan spesialisasi-spesialiasi
yang dilihat dari persediaan dana perusahaan (konsentrasi segmen tunggal),
dlihat dari pasar yang menarik serta tujuan dan memiliki sumber daya yang
tersedia (spesialisasi selektif), dilihat dari pemusatan pelayanan berbagai
kebutuhan dari kelompok konsumen tertentu (spesialisasi pasar), dilihat dari
pembuatan produk yang dibuat dan yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar
(spesialisasi produk), dan dilihat dari pelayanan perusahaan kepada konsumen
dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan (pelayanan penuh)
terima kasih, sangat membantu :)
BalasHapusbagus lanjutakn menulis
BalasHapusKlo mlm ada targetingnya ngga?
BalasHapus