Sabtu, 02 Maret 2013

Analisis Lingkungan Pemasaran

Analisis Lingkungan Pemasaran
Pada hari Senin, 25 Februari 2013 tepatnya pukul 13.30 dimulainya mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dipimpin oleh Pak Amril Muhammad selaku dosen dalam mata kuliah ini. Hari ini adalah pertemuan yang ketiga di mana sebelumnya sudah disepakati bersama bahwa pertemuan ketiga adalah awal dari kegiatan presentasi yang akan dilakukan oleh tiap-tiap kelompok dari setiap materi yang berbeda pula tiap kelompknya.. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang, di mana setiap orang memiliki bahan referensi yang berbeda dan dari bahan referensi tersebut akan dipresentasikan secara bergilir. Pembukaan awal dalam kuliah ini dibuka dengan penyajian materi dari kelompok pertama yang beranggotakan M. Ilham, Andhika, dan Elan Suherlan. Materi yang disajikan berjudul “Analisis Lingkungan Pemasaran”. Kenapa dalam pemasaran harus ada analisis lingkungan terlebih dahulu? Untuk apa? Pemasaran itu sendiri adalah untuk menawarkan suatu produk kepada konsumen untuk mendapatkan perhatian, dengan kata lain kita menjual produk ke luar (konsumen). Kita menjual produk ke luar yang berarti kita harus mengetahui bagaimana lingkungan pemasaran di pasar agar produk yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Lingkungan pemasaran terdiri dari pelaku-pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mengembangkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
            Dalam analisis lingkungan pemasaran, terdapat dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor lingkungan yang bersumber dari dalam di mana secara langsung mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Adapun faktor eksternal yaitu faktor lingkungan yang bersumber dari luar di mana secara langsung maupun tidak langsung akan turut mempengaruhi pengembangan dari perusahaan tersebut. Dalam lingkungan eksternal terbagi atas mikro dan makro. Mikro terbagi atas company and supplier. Di mana dalam company terdapat top manager, finance, riset and development, yang di mana hal tersebut saling berkaitan. Adapun dalam makro, yaitu demografi (penduduk, kepadatan penduduk, lokasi, dll), gender, ras, ekonomi (daya beli masyarakat, pola pengeluaran uang), natural environtment, government environtment, teknologi, dan politik (adanya pressure group, pergantian cabinet, dll). Setelah kelompok pertama menyajikan materi seperti yang telah diterangkan di atas, Pak Amril selaku dosen menambahkan materi dari yang sudah disajikan oleh kelompok pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar