Promosi
Universitas
Negeri Jakarta-Fakultas Ilmu Pendidikan, 6 Mei 2013, tepatnya di ruang
Daksinapati 307 berlangsungnya perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
dengan dipimpin oleh dosen kami Pak Dr. Amril Muhammad, S.E., M.Pd. Hari ini
merupakan pertemuan kesebelas, di mana dalam pertemuan kali ini penyajian
presentasi dilakukan oleh kelompok kesembilan yang beranggotakan Ayu Wulandari,
Nurma Jelita, Rahmawati Ramdiah, dan Ria Zulfiah. Pertemuan kali ini dosen kami
Pak Amril berhalangan hadir, oleh karena itu sistem presentasi kali ini dengan
cara membuat kelompok kecil di mana tiap kelompok tersebut akan ditutori oleh
satu dari anggota kelompok penyaji. Kelompok 4, 7, dan 11 akan ditutori oleh
penyaji Rahmawati Ramdiah. Materi presentasi hari ini adalah “Promosi”.
Promosi adalah kegiatan memasarkan sebuah produk/jasa dengan
menggunakan sarana promotion mix (iklan,
promosi penjualan, publisitas, penjualan personal). Iklan merupakan
bentuk komunikasi bukan pribadi yang dijalankan melalui usaha yang dibayar. Iklan itu sendiri memiliki manfaat sebagai
pencitraan, pemberian motivasi, pemberi informasi, dll. Dalam melakukan promosi
melalui media iklan terdapat lima langkah yang harus kita lakukan, yang pertama
yaitu penetapan sasaran. Penetapan sasaran di sini adalah dengan melakukan
segmentasi pasar terlebih dahulu. Kedua adalah keputusan anggaran, yaitu kita
membuat list anggaran yang kita
butuhkan dalam melakukan promosi melalui media iklan tersebut. Ketiga adalah
keputusan pesan iklan, yaitu kita melakukan pemilihan pesan yang ada dalam
iklan yang akan kita publikasikan, di mana iklan tersebut akan dibuat sekreatif,
seinformatif, dan semenarik mungkin agar konsumen tertarik dengan produk yang
kita tawarkan. Keempat adalah evaluasi periklanan, di mana dalam tahap ini kita
melihat bagaimana respon dari konsumen. Kelima adalah pelaksanaan, dalam tahap
ini kita sudah melakukan pembulikasian iklan kepada konsumen dengan tujuan
memasarkan produk yang akan kita tawarkan.
Sarana
yang kedua dalam promotion mix adalah
promosi penjualan. Promosi penjualan bertujuan
untuk merangsang tanggapan pasar untuk lebih kuat akan ketertarikannya kepada
produk yang kita tawarkan.
Dalam melakukan promosi penjualan, tahap awal yang kita lakukan adalah menyusun sasaran penjualan, lalu kita
menyeleksi alat-alat apa yang dibutuhkan dalam promosi penjualan. Setelah itu
kita memutuskan berapa keuntungan yang ingin kita dapat karena dengan begitu
kita dapat menentukan harga yang akan kita tetapkan dalam promosi penjualan. Setelah
itu kita melaksanakan program promosi penjualan, dan terakhir kita melakukan
evaluasi hasil promosi penjualan dengan membandingkan penjualan sebelum dan
sesudah melakukan promosi.
Selanjutnya
yaitu publisitas. Dalam kegiatan publisitas ini biasanya dilakukan oleh
Humas yang ada di dalam tiap-tiap perusahaan. Dalam melakukan publisitas itu sendiri pertama-tama
yang harus dilakukan adalah menyusun tujuan dari publisitas yang akan kita
lakukan. Setelah penyusunan tujuan sudah ditetapkan, barulah kita memilih pesan
apa yang akan dilampirkan dan media apa saja yang akan kita gunakan. Setelah hal
tersebut sudah rampung, barulah kita melaksanakan rencana yang sudah dibuat. Tahap
akhirnya yaitu dengan melakukan evaluasi hasil yang didapat dengan tujuan yang
sudah ditetapkan sebelumnya.
Yang terakhir adalah penjualan personal, yaitu dengan cara bertemu
langsung dengan calon pembeli/konsumen, atau biasa disebut dengan sales. Tahap yang dilakukan dalam penjualan personal masih sama
dengan sebelumnya, di mana tahap awal dengan menetapkan tujuan, dan dari tujuan
tersebut kita dapat merancang strategi apa yang akan kita gunakan. Lalu, kita
menarik dan menyeleksi wiraniaga yang akan kita tempatkan sebagai pelaku dari
penjualan personal, namun wiraniaga tersebut akan dilatih sebelumnya. Selanjutnya
kita mengawasi dan mengevaluasi hasil hasil yang diperoleh dari wiraniaga yang
melakukan promosi penjualan.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar